Wednesday, December 22, 2010

so much to do, so little time...

Aduh udah lama banget ya saya nggak nulis


udah sekitarrr *ngecek postingan sebelumnya* err hampir 3 minggu ya. gila juga. padahal saya pikir liburan ini bakal banyak nulis gitu. ternyata banyak 'gangguan' sana-sini.


Ini mungkin telat banget (lagi-lagi...) tapi saya mau share tentang rencana liburan saya.
Ya, mestinya ini ditulis pas awal liburan tapi karena saya hiper males (ya gusti...) jadi baru saya tulis pas pertengahan liburan.


Jadi gini, sebelum UAS saya udah ngayal-ngayal..
'liburan ini mau ngapain aja ya... mau ini mau itu...'
'banyak juga ya... jadi nggak sabar liburan...'
'entar tulis di blog ah...'
Sampe minggu ke-2 liburan ini sih ada beberapa yang udah terlaksana, ada rencana tambahan, dan ada yang kandas di tengah jalan.


Coba kita listing.




1. Belajar Masak
Nggak tau saya konservatif atau apa ya, tapi rasanya semacem 'wajib' buat mereka yang merasa dirinya perempuan untuk bisa masak, biar bisa jadi istri yang baik (caelah...)
Saya kagum liat emak-emak termasuk emak saya bisa-bisanya masak nggak pake resep tapi takerannya bisa pas dan rasanya maknyos. Saya pengen kayak gitu.


Masalahnya, terakhir kali saya bener-bener masak (ya, bukan sekedar rebus indomie) itu jaman SMP. Dulu pas SMP ada pelajaran tata boga seminggu sekali. Untung banget ada pelajaran ini, kalau nggak mungkin saya bener-bener bisanya cuma rebus indomie.


Walaupun sering ngeluh juga gara-gara males belajarin teori masak, beli-beli bahan, repot bawa-bawa bahan ke sekolah, bikin Working Paper, nyatanya pas tau di SMA nggak bakal ada tata boga... saya sedikit sedih juga.


Kok jadi nostalgia ya.


Terus dalam rangka belajar masak ini, sebelum liburan ini saya bareng temen-temen gencar nyari buku masak di perpustakaan dan nyatet-nyatetin resep.


Sekarang, catetan resepnya nggak tau ilang kemana *gubrak*
....
....
Untungnya temen-temen saya ngadain acara masak bareng. Jadi mau nggak mau saya cari resep lagi di internet, majalah juga. Dan inilah hasilnya








kenalin, Kentang Panggang Bolognaisee! wohoooo


Saya sukses, rasanya nggak aneh :D
Saya bertekad buat lebih sering-sering masak dan ngasah bakat terpendam (?) saya.


I'm gonna make a good wife!




2. Belajar buat SIMAK UI




Rencananya saya pengen ambil jurnalistik di UI.
Agak kesel sih pas tau sekolah saya nggak termasuk dari salah satu sekolah yang ditawarin buat PMDK UI (jalur bebas tes), jadi saya harus ambil jalur SIMAK UI (Seleksi Masuk Univ. Indonesia), alias ujian tertulis.


Belakangan, saya agak panik karena saya nggak ikut dan nggak pernah tahu-menahu tentang keberadaan BTA (ealah kemana aja gue...). BTA ini semacem bimbel beken buat persiapan SIMAK UI, dan kesannya semacem wajib hukumnya ngambil BTA ini kalau mau tembus SIMAK UI. BTA ini udah mulai dari Agustus atau September, tapi saya taunya baru akhir bulan Oktober. Udah telat banget.


Saya tambah panik lagi pas dapet soal SIMAK UI tahun lalu dari kakak kelas saya.
Terus saya coba kerjain.


Soal: Yang termasuk daerah persebaran kapak pendek di Asia Tenggara adalah...
Saya: Hah emang pernah belajar ginian ya?


Soal: Pada politik 'Air Hangat', pelabuhan era kekaisaran Rusia yang terbebas dari es dalam musim dingin adalah...
Saya: Emang ada?


Soal: Salah satu faktor yang mempengaruhi bangkitnya nasionalisme di Hindia Belanda adalah...
Saya: ???!


Meennnnnnnnn susah bangetttt. Nggak ada yang bisa saya jawab.
Bahkan saya nggak ngerasa pernah belajar yang kayak gitu.


Saya pun mulai nanya orang-orang, cari penghiburan.


"Emang ngaruh banget ya ambil BTA?" (ngarep jawabannya 'nggak kok')

"Emang penting, apa?"

"Emang kalau nggak ikut itu nggak bisa lolos SIMAK UI, HAH?!"


Makin lama nanyanya makin nyolot.
Ternyata jawabannya variasi juga. Ada yang bilang iya ngebantu banget. Ada yang bilang nggak perlu juga.


Ya sudahlah. Mau ikut BTA juga udah nggak mungkin.
Saya akhirnya mutusin buat nyicil abis-abisan selama liburan ini. Saya udah beli buku-buku rangkuman materi, buku kumpulan soal, buku simulasi soal segala. Bener-bener on fire.


Nyatanya, sampe detik ini belum ada yang saya sentuh. *gubrak kuadrat*


Paling parahnya lagi, SIMAK UI tahun 2011 bakal DITIADAKAN. Entah apa alesannya.
Dunia serasa runtuh.
Satu-satunya harapan cuma lewat SNMPTN, yang katanya lebih berat persaingannya.
Nasib saya pun terkatung-katung.






3. Permak Blog
Tampilan blog saya ini termasuk standard, cuma milih dari template yang udah ada dan backgroundnya saya ganti. Buat yang bertanya-tanya, background itu gambar 'commonplace book' saya. Buku tempat saya nulis ide-ide spontan dan inspirasi.


Nah saya berniat ngedekor ulang tampilan blog saya biar lebih personal dan nggak kaku gitu, dengan modal sedikit tau-tau Photoshop dan Dreamweaver.


Tapi lagi-lagi belum terlaksana (ya kalian bisa liat sendiri)
karena lagi, lagi, dan lagi.... MALES.




4. Ikut Lomba Design Logo JFFF

Yak bisa diliat betapa menggiurkannya hadiah lomba ini: Apple MacBook Pro + Rp 10juta. MacBook Pro sekitar 15-17 juta, jadi ya.... bisa dikira-kira total hadiahnya dan itu WAH. SEDAP.
Sebenernya saya nggak bakal tau tentang lomba ini kalau nggak dikasih tau temen saya, Pishi. Saya berterimakasih banget, apalagi kalau sampai menang. Dia jadi orang pertama yang saya traktir.

Event ini diadakan oleh Mal Kelapa Gading dan Jakarta Fashion & Food Festival. Intinya, peserta diminta men-design logo buat ngegantiin logo JFFF yang sekarang:

Hal yang bikin susah adalah lomba ini terbuka buat umum, selebar-lebarnya, nggak ada range umur, dan nggak dipungut biaya pendaftaran. Jadi bisa dibayangin berapa banyak saingan yang harus saya tumbangkan buat ngedapetin hadiah yang menggiurkan itu. Belum lagi di antara mereka pasti ada banyak designer yang bermodalkan lebih banyak pengalaman dan keahlian dalam membuat logo dibanding saya.

Saya ya...modal nekat aja.

Ikut-ikut aja, menang ya sukur, nggak juga nggak masalah.
Seperti biasa, pas sebelum liburan sih saya udah on fire, ngerencanain bakal bikin 3 rancangan logo (karena setiap orang boleh ngirim maksimal 3) dan sok-sok pengin bikin logo yang ada gambar tersembunyi lah, konsep gila-gilaan lah, bla bla bla.

Nyatanya, saya baru bener-bener ngerjain ini logo 3 hari sebelum deadline. Saya memang hampir selalu nyerempet deadline kalau ngerjain segala sesuatu, dan saya perfeksionis. Kombinasi yang buruk. Alhasil, 2 hari berturut-turut saya begadang, tidur jam 6 pagi. Pas bangun berasa kayak zombie.

Tanggal 20 Desember 2010 kemarin, alias batas akhir penerimaan karya, saya pergi ngeprint rancangan-rancangan saya di tempat digital printing, karena setiap rancangan harus diprint di kertas A3. Total-total abis Rp 150ribu. Bebas biaya pendaftaran sih... tapi ujung-ujungnya duit juga. Habis itu saya langsung ngacir ke Center Management Office-nya MKG buat ngumpulin karya.

Abis ngumpulin, rasanya lega luar biasa. Rasanya saya udah nggak peduli kelanjutannya, mau saya lolos ke final atau nggak, dapetin MacBook Pro atau nggak, atau malah keburu kandas di seleksi awal. Karena ada beberapa titik di mana saya berpikir buat nyerah aja, nggak usah ikut lomba ini, karena saya simply males, bener-bener kering inspirasi, emosi dalam proses ngutak-ngatik di photoshop, cape hati, dan frustasi karena prosedurnya yang ribet.
Tapi saya nggak berhenti, dan pada akhirnya sukses nyelesaiin dan ngumpulin karya itu.
Untuk itu, saya bangga pada diri saya sendiri

dan berterimakasih juga buat si pacar yang udah nampung uneg-uneg dan omelan saya sepanjang bikin logo ini, rajin kasih semangat, dan bantuin saya scan KTP :p



5. Nonton 'Working Girls' dan 'Conspiracy of Silence'


Nah yang ini rencana dadakan. Saya berniat nonton pemutaran film dokumenter 'Working Girls' dan 'Conspiracy of Silence' di Teater Salihara, Pasar Minggu, tanggal 22 Desember 2010 alias hari ini.

Saya tau tentang pemutaran film ini dari Twitter, gara-gara liat tweetnya @jokoanwar dan @tigerlilybubu. Saya penasaran dan iseng googling aja. Sinopsisnya menarik juga, tentang kesetaraan perempuan dan keadilan. Kayaknya ini film berkualitas ala Laskar Pelangi gitu. Terlebih lagi, tiketnya GRATIS. Tunggu apalagi.

Masalahnya tempat pemutarannya itu...jauh. Teater Salihara itu di Jakarta Selatan, saya di Jakarta Utara.
Tadinya saya mau pergi bareng pacar, tapi dia mendadak harus ke luar kota. Kayak bini ditinggal laki dinas deh gue.
Terus kalau mau naik taxi...mahal. Naik busway...berhubung pemutaran filmnya jam 6 sore, berarti saya harus berangkat sekitar jam 4 atau jam 5. Which is bertepatan sama jam orang pulang kerja. Which means terminal busway, apalagi yang di Harmoni, itu pasti rame dan sumpek banget. Bisa bau ketek pas keluar dari terminal Harmoni.

Entahlah gimana cara saya ke sananya... yang pasti saya nggak rela kalau sampai nggak jadi nonton ini.
Mudah-mudahan nggak sampe batal!




6. Belajar Latin

Saya seneng belajar bahasa. Nggak ada alesan khusus, suka aja. Salah satu bahasa yang saya pengin kuasain adalah Latin.

Pertama kali saya kenal bahasa latin (nggak, belajar nama-nama latin di pelajaran biologi nggak dihitung) itu pas saya baca A Series Of Unfortunate Events: Austere Academy yang ditulis Lemony Snicket. Di situ ada frasa dalam bahasa latin: Memento Mori. Kalau diterjemahin, artinya kurang lebih 'remember that you are mortal' atau 'remember that you will die'. Ini menarik. Kalimat simpel, tapi interpretasinya bisa dalem. Berapa banyak orang yang mau diingetin kalau mereka bakal mati? Dan ini seolah-olah memukul mereka yang mengejar hal-hal yang fana.

Mulailah saya browsing tentang frasa-frasa lain dalam bahasa latin, terus nemu ini 'List of Latin Phrases'
di Wikipedia. Banyak banget yang menarik dan jumlahnya banyak banget. Saya pernah bertekad buat hapalin daftar itu tapi setelah dipikir-pikir gila juga. Peribahasa Indonesia aja nggak hapal.


Saya makin tergila-gila sama latin pas denger Scarlett Johansson ngomong latin di Ironman 2. Ya ampun kesannya intelek banget gitu. Lebih tergila-gila lagi pas nonton Angels & Demons-nya Dan Brown, di mana settingnya Vatikan, Italia dan hampir semua orang ngomong latin.
Alesan lain saya cinta mati sama film Angels & Demons selain gara-gara plotnya, ya gara-gara bahasa latinnya itu.


 Oh ya, saya suka banget karakter Vittoria Vetra di Angels & Demons ini.


 Bener-bener mengesankan cewek cantik dan intelek amat sangat. Apalagi pas dia terjemahin buku Galileo "Diagramma Veritas" yang isinya bahasa latin.


Balik ke topik, saya tergila-gila sama latin. Saya pikir untuk bisa lebih gampang hapalin frasa-frasa dari 'List of Latin Phrases' tadi, saya harus belajar bahasa latinnya dulu. Toh latin itu juga akar banyak bahasa, jadi bakal bikin saya lebih gampang pelajarin bahasa lain.


Saya browsing lagi, lalu saya ketemu website ini: The National Archives
Di situ ada tutorial buat belajar dasar-dasar bahasa latin, yang kebagi jadi 12 bab atau lesson. Setelah itu, bisa dilanjutin dengan baca arsip kuno Inggris yang kebanyakan pakai bahasa latin. Saya seneng banget dan langsung ngerjain tutorialnya.


Ternyata belajar latin itu sama sekali nggak gampang. Susah banget malah. Grammarnya bener-bener ribet dan banyak hapalan. Sampai Lesson 2, saya masih lancar-lancar aja. Lesson 2 ke atas, saya mulai gelagapan. Akhirnya saya berhenti di Lesson 5. Niatnya waktu itu istirahat beberapa hari, terus lanjut lagi.
Eh, istirahatnya keterusan sampai sekarang.


Nah di liburan ini, niatnya saya ngelanjutin pelajaran yang tertunda itu. Mudah-mudahan saya sukses nyelesaiin 12 bab sebelum liburan selesai.




7. Selesaiin Baca Buku
Buku? Buku apa?


Saya ada beberapa buku yang ngantri untuk dibaca:




Rich Dad, Poor Dad - Robert T. Kiyosaki
Buku ini saya pinjem dari si pacar, tentang mengatur arus finansial kita dan investasi. Bagus deh. Bener-bener mendorong dan memotivasi banget buat jadi wirausaha, dan bikin kita lebih hati-hati ngatur pengeluaran pemasukan. Penjabarannya juga sama sekali nggak ngebosenin, karena penulis lebih semacem bercerita gitu.


Buku ini saya langsung baca setengahnya dalam waktu 1 hari... tapi sampai sekarang belum saya lanjutin lagi.






LaylaMajnun - Nizami
Buku ini terjemahan dari syairnya sufi Persia, Nezami Genjavi. Isinya tentang kisah tragis sepasang kekasih yang saling mencintai sehidup semati, tapi banyak yang menghalangi. Iya, mirip Romeo and Juliet gitu. Malah katanya buku ini yang menginspirasi Romeo and Juliet, karena udah ada jauh sebelum Shakespeare nulis karyanya itu.


Saya pertama kali tau tentang buku ini dari A Thousand Splendid Suns-nya Khaled Hosseini. Katanya, Layla dan Majnun ini Romeo dan Juliet versi Persia.


Lalu saya dapet dari buku ini dari Khrisna Pabichara di FBS Salemba UI


"Siapa yang mau hadiah?"


"Sayaaaaaaaaa"  *tunjuk tangan*


Saya ditunjuk, terus dikasih deh. Iya, sesimpel itu. Nggak jawab pertanyaan atau apa. Pas nerima buku ini saya seneng banget. Saya nggak nyangka bakal bisa baca Layla Majnun langsung, dan nggak tau ternyata buku ini ada terjemahan versi Indonesianya.


Buku ini juga belum habis saya baca, baru setengahnya. Buku ini cantik, pembahasaannya indaaaaaaah banget, ditambah lagi alur yang tragis. Nizami pake metafor-metafor yang bener-bener bagus dan ngena. Setiap kalimatnya syair. Saya nggak abis pikir ya gimana caranya dia merangkai kalimat syair pake perumpamaan yang nggak berulang gitu. Saya disuruh bikin puisi satu bait aja rasanya susah.


Apa yang bisa mereka lakukan untuk memupus bunga cinta yang mulai merekah?
Seorang malaikat datang dan mengisi cangkir mereka dengan anggur yang meluap keluar.
Dan mereka pun mereguknya.
Mereka masih kanak-kanak dan tidak menyadari apa yang telah mereka teguk.
Tidaklah mengherankan bila mereka menjadi mabuk.
Orang yang baru mabuk sekali, tentu saja akan mabuk teramat khusyuk.
Dan orang yang belum pernah terjatuh, sekali jatuh tentu saja akan mengaduh-aduh.

Ini versi terjemahan aja segitu bagusnya. Biasanya, terjemahan bikin estetika ceritanya berkurang. Nggak kebayang aslinya sebagus apa. Sayang saya nggak bisa bahasa Persia.




The Name of The Rose - Umberto Eco
Saya tertarik beli buku ini udah lama banget, mungkin 2-3 tahun lalu ya, gara-gara liat covernya dan kertasnya. Err... punya saya covernya nggak kayak gini sih, ini ngambil dari google. Kertasnya coklat-coklat, kesannya kuno, dan baunya kayak kayu tua gitu. Alesan macam apa itu ya... Tapi saya baca sinopsisnya menarik juga, tentang pembunuhan tujuh biarawan di suatu biara.

Pas saya baca, saya cuma sanggup mencerna sekitar 5 halaman pertama. Bahasanya berat banget. Jaman dulu kayaknya pembendaharaan kata saya payah. Entah sekarang saya udah sanggup baca atau belum.







Lolita - Vladimir Nabokov
Mungkin udah bisa ditebak dari covernya ya, cerita buku ini tentang pria paruh baya yang terobsesi dan terlibat secara seksual dengan gadis umur 12 tahun. Buku ini lumayan terkenal, dan jadi asal-usul istilah 'Lolita' buat mereka yang pedofil atau tertarik secara seksual sama anak di bawah umur.
Saya bayangin sih intriknya semestinya menarik, jadi saya beli. Saya lupa kenapa, tapi saya baru sempet baca sedikit buku ini.





Pride and Prejudice - Jane Austen
Great Expectations - Charles Dickens
Oliver Twist - Charles Dickens
The Little PrinceAntoine de Saint-Exupéry
Beberapa waktu lalu saya ke toko buku TIMES di karawaci bareng si pacar. TIMES ini khusus jual buku-buku import. Tempatnya sih comfy banget. Saya girang bukan main pas ke sana, karena surga saya ada di antara buku-buku. Saya iseng liat-liat buku klasik macem Shakespeare, Dickens. Saya liat harganya, dan syok. Cuma Rp 30.000,- perak. Kalau sekarang novel lokal aja nggak dapet kali harga segitu, apalagi buku impor yang biasanya 100ribu ke atas. Ternyata ada seri penerbit Wordsworth Classic yang sengaja nerbitin buku-buku klasik ini dengan harga murah. Tunggu apalagi, langsung borongan lah saya.


Dari keempat buku ini yang udah selesai saya baca cuma The Little Prince. Rencananya saya mau bikin reviewnya di postingan berikutnya. Kemarin-marin saya mulai baca Oliver Twist, dan... buat baca halaman pertama aja saya butuh buka kamus sekitar 15 kali. Mana bahasanya masih bahasa Inggris lama dan banyak slangnya.


Kayaknya bakal agak lama sebelum saya balik ke TIMES buat belanja lagi ;p








*      *     *




Kira-kira itu planning saya buat liburan ini.


Semoga sisa liburan 2 minggu ke depan nggak sia-sia :D







2 comments:

  1. ya ampun, gue kira bahasa latin uda gk ada yg pake.......wkwkkwkw *merasa bodoh*

    ReplyDelete
  2. gara2 pak arie ya? :p emang udah jarang banget, tapi masih dipake kayanya di vatikan

    ReplyDelete